Kesehatan Mental, Masalah Kesehatan Yang Paling Dikhawatirkan Warga Dunia 2023

Kesehatan Mental, Masalah Kesehatan Yang Paling Dikhawatirkan Warga Dunia 2023
Admin 387 Pengunjung 13 Desember 2023

Kesehatan Mental, Masalah Kesehatan Yang Paling Dikhawatirkan Warga Dunia 2023

Di zaman Generasi Z ini membahas soal kesehatan mental sudah bukan menjadi hal yang tabu. Apalagi semakin bertambahnya zaman, merambahnya juga informasi dan eksplorisasi. Banyak anak-anak gen.z atau milenial yang sudah tahu pembahasan terkait kesehatan mental atau paling dikenal sebagai mental health. Tak jarang juga mereka banyak yang self awareness terhadap gejala dan kemampuan diri yang merujuk pada self diagnosis kondisi mental mereka.

Setiap generasi tentu punya kemampuan berdasarkan zamannya. Dimana setiap zaman berbeda pula terkait pola asuh, budaya, pergaulan, cara belajar, cara berpikir dan sebagainya.

Zaman dulu mungkin membahas mental health terlalu tabu karena minimnya informasi, karena berhubungan dengan perkembangan teknologi yang masih minim pada saat itu sehingga penyebaran informasi tidak secepat di zaman sekarang, tidak seluas dan beragam sekarang. Juga penelitian-penelitian semakin hari semakin berkembang dan beragam untuk menyelaraskan ilmu pengetahuan.

Dari temuan dalam survei Ipsos Global yang bertajuk Health Service Monitor 2023, mengadakan tes terkait Proporsi Persepsi Responden Atas Masalah Kesehatan yang Dikhawatirkan (Juli-Agustus 2023). Riset itu menunjukkan, sebanyak 44% responden dari 31 negara di dunia menilai bahwa kesehatan mental menjadi masalah kesehatan yang paling dikhawatirkan. Disusul kanker di posisi kedua sebagai masalah kesehatan terbesar bagi 40% responden.

Berkelidan dengan masalah mental, stres mengekor di urutan ketiga sebagai masalah kesehatan yang paling dikhawatirkan oleh 30% responden.

Ada pula yang lebih mengkhawatirkan masalah kesehatan terkait gaya hidup, seperti obesitas, penyalahgunaan minuman narkoba, diabetes, hingga penyalahgunaan minuman keras.

Sementara, responden yang menyoriti masalah kesehatan berupa penyakit jantung, covid-19, efek merokok, demensia, penyakit menular seksual (PMS), serta hospital superbugs atau bakteri di rumah sakit memiliki proporsi yang lebih rendah.

Berikut rincian 14 masalah kesehatan yang paling dikhawatirkan menurut responden global (Juli-Agustus 2023):

1.       Kesehatan mental: 44%

2.       Kanker: 40%

3.       Stres: 30%

4.       Obesitas: 25%

5.       Penyalahgunaan narkoba: 22%

6.       Diabetes: 18%

7.       Penyalahgunaan minuman keras: 17%

8.       Penyakit jantung: 15%

9.       Covid-19: 15%

10.   Merokok: 12%

11.   Demensia: 8%

12.   Penyakit Menular Seksual (PMS): 4%

13.   Bakteri di rumah sakit: 3%

14.   Masalah kesehatan lainnya: 2%

Ipsos juga menemukan, sebanyak 48% responden secara global menilai bahwa sistem perawatan kesehatan di negaranya sudah baik. 

Adapun Singapura jadi negara yang dinilai memiliki sistem perawatan kesehatan terbaik oleh 71% responden dari negara tersebut. Kemudian diikuti oleh Swiss (68%) dan Malaysia (66%). 

 

source: databoks.katadata.co.id