6 Manfaat Aktivitas Fisik

6 Manfaat Aktivitas Fisik
Sevenlight 716 Pengunjung 11 Oktober 2023

6 Manfaat Aktivitas Fisik

Aktivitas fisik merupakan pembahasan penting dalam penerapan perilaku hidup sehat dalam kehidupan sehari-hari. Secara pengertian, aktivitas fisik adalah kegiatan tubuh yang menggerakan otot dan menghasilkan energi dan tenaga. Sehingga dengan demikian, asupan yang masuk dalam tubuh tidak mengendap dan menyebabkan obesitas ataupun penyakit berbahaya lainnya.

Berangkat dari pengertian diatas, maka aktivitas fisik tidak terbatas dengan kegiatan olahraga, berbagai hal kecil yang dapat kita lakukan dirumah seperti membersihkan rumah, menyetrika, bermain dengan anak hingga berkebun juga dapat dikategorikan sebagai aktivitas fisik yang baik dilakukan sebanyak 30 menit setiap hari, ataupun 3-5 hari dalam seminggu.

 

Manfaat Aktivitas Fisik

Apabila dilihat lebih jauh, manfaat aktivitas fisik dapat kita rasakan pada tubuh kita, baik untuk kesehatan kini maupun nanti, diantaranya adalah:

1. Mengendalikan berat badan

2. Mengendalikan tekanan darah

3. Memperbaiki postur tubuh

4. Memperbaiki kelenturan sendi dan kekuatan otot

5. Mencegah diabetes melitus

6. Mengendalikan stres

 

Dengan mengetahui berbagai manfaat dari aktivitas fisik diatas, masyarakat dapat mulai melakukan aktivitas fisik dan membatasi kegiatan sendentari seperti berbaring atau duduk dalam waktu lama dan kurang berolahraga.

 

Tetap imbangi aktivitas fisik rutin dengan mengkonsumsi makanan yang bergizi seimbang dan waktu tidur yang cukup agar tubuh dapat tetap sehat dan siap untuk menjalani aktivitas harian.

 

Segera lakukan pemeriksaan ke fasilitas kesehatan terdekat apabila mengalami gejala penyakit, agar bisa segera mendapatkan penanganan secara cepat dan tepat.