Our Training Program. National & International Sertification. High Skill & Knowledge.

Our Training Program. National & International Sertification. High Skill & Knowledge.

Senin, 11 Juli 2016

TIPS HILANGKAN LELAH USAI MUDIK LEBARAN

Bagaimana mudik Anda kali ini? Menyenangkan atau melelahkan?
Tidak heran bila jawaban anda adalah jawaban yang kedua, karena menurut Kementrian Perhubungan, jumlah pemudik tahun ini mengalami peningkatan dibanding pemudik pada tahun sebelumnya. Hal ini tentunya mempengaruhi kepadatan lalu lintas dan menjadi salah satu penyebab utama terjadinya kemacetan.

Kemacetan lalu lintas merupakan hal yang paling tidak menyenangkan saat mudik dan menjadi faktor utama penyebab pemudik mengalami kelelahan, terutama sang pengemudi. Namun, semoga lelahnya Anda saat mudik dapat tergantikan oleh kebahagiaan indahnya bersilaturahim dan melepas rasa kangen dengan keluarga di kampung halaman.

Di tengah lelahnya mudik lebaran, Anda sudah dihadapkan kembali pada rutinitas kerja. Ini menjadi tantangan tersendiri bagi Anda yang sudah mulai bekerja pada hari ini. Rasa lelah setelah mudik lebaran tentunya dapat mengganggu produktivitas Anda dalam bekerja. Berikut adalah tips dari Pro Emergency untuk menghilangkan rasa lelah setelah mudik lebaran:

1.    Istirahat
Sumber: listaka.com
Lupakan sejenak cucian yang menumpuk dan rumah yang berantakan selepas mudik. Hindari menonton tv ataupun mengobrol terlalu malam. Setelah berjam-jam di perjalanan, sebaiknya Anda segera bergegas untuk mandi dan segera tidur lebih awal paling tidak selama 6-8 jam. Hal ini dapat memperbaharui energi untuk tubuh di keesokan harinya.


2.    Menaikkan Kaki

Sumber: http://jagodiet.weebly.com
Selain untuk memperlancar peredaran darah, teknik ini juga dapat merilekskan otot-otot yang kaku terutama pada bagian kaki. Naikkan kaki Anda ke dinding kamar selama 15 menit sebelum tidur, dijamin esok hari saat bangun tidur, rasa pegal pada kaki akan berkurang.


3.    Berendam dengan Air Hangat

Sumber: tipsandtricktwitter.blogspot.co.id
Mandi air hangat merupakan salah satu cara yang ampuh usir rasa lelah. Manjakan tubuhmu dengan berendam sejenak di air hangat selama 15 – 30 menit. Hal ini dapat membantu merilekskan otot-otot di seluruh tubuh dan melancarkan peredaran darah.


4.    Lakukan Peregangan

Sumber: inspiragos.wordpress.com

Saat bangun tidur di pagi hari, lakukan peregangan pada seluruh anggota tubuhmu, mulai dari kepala, tangan, panggul hingga kaki. Selain untuk merilekskan otot-otot yang kaku, teknik peregangan juga dapat meningkatkan asupan oksigen ke otak sehingga membuat Anda menjadi lebih segar, bersemangat dan dapat meningkatkan konsentrasi.


5.    Konsumsi Makanan Bergizi

Sumber: www.menshealth.co.id
Asupan nutrisi yang bergizi sangat dibutuhkan terutama bagi tubuh yang lelah. Hindari makanan berbahan dasar tepung dan yang mengandung kadar gula tinggi karena dapat membuat Anda cepat lelah. Perbanyak konsumsi makanan berserat tinggi, seperti sayur-sayuran dan buah-buahan. Makanan berserat tinggi dapat menekan kejenuhan hingga 10%. Hindari konsumsi alkohol, rokok dan kafein.


6.    Minum Cukup Air Putih

Sumber: manfaat.co.id
Dehidrasi dapat menyebabkan Anda merasa lelah. Membuat tubuh tetap terhidrasi merupakan cara yang mudah dan murah untuk membebaskan diri dari rasa letih.

7.    Konsumsi Multivitamin

Sumber: www.tebyan.net
Konsumsi multivitamin sangat penting terutama bagi tubuh yang kelelahan. Multivitamin dapat meningkatkan stamina tubuh, sehingga Anda dapat kembali semangat melakukan aktivitas.

8.    Pijat Refleksi

Sumber: www.gudangkesehatan.com

Bila cara-cara di atas belum cukup untuk menghilangkan rasa lelah Anda usai mudik lebaran, maka coba lakukan pijat refleksi. Mendapatkan pemijatan yang tepat dan dilakukan oleh orang yang benar-benar mengetahui cara memijat yang benar akan memberikan banyak manfaat. Teknik pemijatan refleksi dilakukan dengan menekan-nekan bagiantertentu pada tubuh yang kemudian akan memberikan efek pada bagian tubuh yang lain. Pijat dapat mempengaruhi sistem saraf perifer, menurunkan dan menghentikan rasa sakit dengan mempercepat proses regenerasi (pemulihan) saraf yang cedera, serta melancarkan aliran darah ke seluruh tubuh.

9.    Gunakan Aromaterapi

Sumber: www.zonakesehatan.info

Aromaterapi sangat cocok bagi Anda yang stres setelah menghadapi kemacetan saat pulang mudik. Gunakan aromaterapi di kamar, dioles di tubuh, dihirup atau ditambahkan ke dalam air hangat saat Anda berendam. Cara ini sangat ampuh untuk merilekskan tubuh dan pikiran, menyegarkan dan meningkatkan energi kembali.

Demikian tips-tips dari Pro Emergency. Selamat mencoba! Semoga Anda tetap dapat melakukan aktivitas kembali dengan penuh semangat. 

Penulis: Hellda