Our Training Program. National & International Sertification. High Skill & Knowledge.

Our Training Program. National & International Sertification. High Skill & Knowledge.

Selasa, 17 Mei 2016

Pelatihan BTCLS


Basic Cardiovascular Life Support (BCLS) dan Basic Trauma Life Support (BTLS) atau sering dikenal dengan BTCLS adalah pelatihan penanganan kegawatdaruratan  trauma dan kardiovaskular yang ditujukan bagi para perawat atau mahasiswa keperawatan tingkat akhir. Pelatihan BTCLS bertujuan untuk mempersiapkan mahasiswa keperawatan dan perawat agar mampu menangani pasien-pasien dengan kasus-kasus trauma dan kardiovaskular, sehingga dapat menekan tingkat kecacatan maupun kematian akibat kasus trauma dan jantung.

Pelatihan BTCLS Pro Emergency diselenggarakan selama lima hari, 3 hari BTLS dan 2 hari BCLS. Pelatihan BTLS memberikan pembekalan tentang bagaimana menangani pasien dengan kasus trauma melalui pendekatan Initial Assessment and Management, yang mencakup Primary Survey dan Secondary Survey, sehingga penatalaksanaan pasien dapat dilakukan secara cepat dan tepat berdasarkan prioritas masalah. Selain materi tersebut, peserta juga mendapatkan pembekalan mengenai Triage; Teknik Ekstrikasi, Pemindahan, Pengangkatan dan Transportasi Pasien; serta Sistem Penanggulangan Gawat Darurat Terpadu. Pada sesi praktik, peserta akan mendapat giliran untuk masuk dalam 4 stase skill, diantaranya Airway and Breathing Management; Initial Assessment and Management; Muskuloskeletal; Lifting, Moving, Extrication, Stabilization and Transportation. 

Sementara itu, Pelatihan BCLS memberikan pembekalan mengenai penanganan pada pasien yang mengalami kegawatdaruratan jantung. Dengan mengikuti BCLS diharapkan peserta mampu mengidentifikasi tanda-tanda henti napas dan atau henti jantung serta penatalaksanaanya, mengetahui gambaran irama yang mengancam nyawa serta penatalaksanaannya, dan mengetahui penanganan pasien dengan Sindrom Koroner Akut. Peserta akan mendapatkan materi Anatomi dan Fisiologi Jantung, Basic Life Support (BLS) berdasarkan pedoman American Heart Association (AHA) terbaru tahun 2015 dan penanganan pasien dengan Sindrom Koroner Akut. Peserta juga mendapatkan materi pengayaan mengenai cara membaca gambaran elektrokardiogram, yang merupakan salah satu kelebihan Pelatihan BCLS di Pro Emergency. Pada sesi praktik, ada 3 skill yang harus diikuti oleh peserta, yaitu BLS (Resusitasi Jantung Paru pada dewasa & anak serta choking management), Elektrokardiogram dan Electrical. Setelah sesi kuliah, diskusi dan praktik, peserta akan melakukan drill exercise. Seluruh peserta akan menangani korban kegawatdaruratan pada kejadian masal. 

Rangkaian pelatihan diawali dengan pre test baik pada BCLS maupun BTLS yang bertujuan untuk mengukur tingkat pengetahuan peserta terkait kegawatdaruratan trauma dan kardiovaskular, serta untuk memberikan gambaran kepada peserta tentang konten dari pelatihan BTCLS. Ujian evaluasi baik teori maupun praktik dilakukan pada hari terakhir BCLS dan BTLS.

BTCLS Pro Emergency mendapatkan total 3 sertifikat yang terpisah plus 1 ID card BTCLS. 2 sertifikat dengan akreditasi PPNI pusat senilai 2 skp untuk BCLS dan 3 skp untuk BTLS, serta 1 sertifikat dari BPPSDM Kemenkes RI senilai 1 skp. Total skp Pelatihan BTCLS Pro Emergency adalah 6 skp.

Untuk informasi lebih lanjut mengenai penyelenggaraan Pelatihan BTCLS, dapat menghubungi 021-825479 atau 082112395000.